Rabu, 24 Agustus 2011

Apa Pekerjaan untuk Lulusan DKV?


Lulusan DKV bisa menjadi :
1.    Perancang Web
Desainer Web atau Web Designer adalah orang yang mempunyai keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, melalui Web browser atau perangkat lunak Web-enabled lain seperti televisi internet, Microblogging, pembaca RSS.
Tugas seorang Desainer Web secara umum adalah menentukan ? look and feel? dari sebuah situs Web. Secara langsung atau tidak, kita harus menguasai dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan tampilan dari sebuah situs Web. Seorang desainer Web harus pula memahami penerapan aspek-aspek yang terdapat di dalam desain Web, walaupuan tidak menguasai. Seperti halnya Java Script, kita tidak wajib mengetahui dan mampu membuat Java Script sendiri untuk kebutuhan desain, namun bagaimana dan estetika penerapan Java Script pada desain akan sangat menguntungkan bila kita memahaminya.
Dalam membuat Web, seorang desainer Web menentukan aspek-aspek desain yang diperlukan seperti pemilihan Font, warna, tataletak, dan lainnya. Tugas seorang desainer Web tidaklah semudah yang dibayangkan, penguasaan software-software grafis dan animasi dan HTML authoring saja tidak cukup untuk membuat situs Web yang baik. Banyak hal yang harus menjadi pertimbangan, terlebih bila dihadapkan dengan keinginan Klien, kita akan dihadapkan dengan kepuasan klien. Terkadang idealisme kita sebagai desainer Web akan kalah dengan idealisme klien.
Dengan berkembangnya spesialisasi dalam desain komunikasi dan bidang teknologi informasi, ada kecenderungan kuat untuk menarik garis yang jelas antara desain web khusus untuk halaman web dan pengembangan web untuk logistik secara keseluruhan dari semua layanan berbasis web.

2.  Copywriter
 adalah profesi di lingkungan periklanan yang tugasnya menulis naskah iklan, baik untuk iklan cetak (print ad), iklan televisi (TV Commercial), iklan radio (Radio Commercial) dan segala macam bentuk komunikasi merek. Seorang Copywriter berpasangan dengan Art Director (Penata Artistik), membuat sebuah konsep iklan. Atasan mereka adalah Creative Director dan mereka di dalam Creative Department di sebuah perusahaan iklan (Advertising Agency).

3.    Art director
secara teknis adalah koordinator lapangan yang melaksanakan eksekusi atas semua rancangan desain tata artistik/gambar kerja yang menjadi tanggungjawab pekerjaan production designer. Seluruh proses penyediaan material artistik sejak persiapan hingga berlangsungnya perekaman gambar dan suara saat produksi menjadi tanggunghawab seorang art director.
Penyimpangan/perubahan pada saat eksekusi atas rancangan desain tata artistik/gambar kerja minimal harus atas persetujuan production designer atau sutradara terlabih dahulu. Seluruh proses dan hasil kerja seorang art director di bawah kendali/menjadi tanggungjawab production designer.
Pada proyek produksi dengan biaya terbatas, peran art director biasa dipegang langsung oleh production designer. Ia berkonsentrasi pada semua hal yang berhubungan dengan rancangan tata artistik dengan bantuan beberapa orang asisten.
Sistem produksi yang diterapkan di Eropa biasanya diperlukan seorang art director untuk mengeksekusi semua rancangan tata artistik karena seorang production designer berkonsentrasi penuh terhadap tata artistik secara menyeluruh. Production designer menginstruksikan art director dan timnya tentang tata letak seluruh elemen-elemen artistik, baik di dalam set maupun untuk persiapan adegan selanjutnya.

4.    Creative Director
Seorang direktur kreatif adalah posisi sering ditemukan dalam desain grafis, film, fashion, periklanan, media atau industri hiburan, tetapi mungkin berguna dalam organisasi kreatif lainnya seperti pengembangan web dan perusahaan pengembangan perangkat lunak juga. Pekerjaan ini memerlukan mengawasi semua aspek desain produk.

Dalam iklan, ini berarti branding dan iklan untuk klien dan memastikan bahwa merek baru dan iklan cocok dengan kebutuhan klien dan citra yang mereka ingin mempromosikan perusahaan atau produk mereka. Aspek utama dari peran ini adalah untuk antarmuka dengan klien dan menafsirkan strategi komunikasi mereka dan kemudian mengembangkan pendekatan kreatif yang diusulkan dan perawatan yang menyelaraskan dengan strategi itu. Direktur kreatif memulai dan merangsang ide-ide kreatif untuk dan dari mereka yang terlibat dalam proses kreatif.

Dalam industri lainnya, seperti videogame, seorang direktur kreatif bertanggung jawab untuk desain, visi dan arah produk, yang merupakan peran yang berbeda dengan seorang manajer produsen atau proyek. Direktur kreatif kadang-kadang juga disebut desainer memimpin atau kepala kreatif tergantung pada perusahaan tertentu dalam pertanyaan. Beberapa perusahaan besar mungkin memiliki beberapa direktur kreatif bekerja di bawah satu kepala kreatif. Dalam hal ini kepala kreatif akan bertanggung jawab untuk mengawasi semua cabang desain dan masing-masing cabang akan memiliki direktur kreatif sendiri.

Seorang direktur kreatif pada akhirnya bertanggung jawab atas kualitas karya kreatif akhir. Untuk alasan ini, mereka mendapatkan bagian terbesar dari pujian ketika upaya-upaya tim mereka memenangkan penghargaan, tapi sebaliknya, bahu direktur kreatif negatif (dan menyalahkan) ketika sebuah proyek beres, respon jatuh pendek dari harapan, atau individual yang penting pada sisi klien tidak menyukai, atau vetos ide.

5. Illustrator
Illustrator adalah seorang seniman narasi yang mengkhususkan diri dalam menulis meningkatkan dengan menyediakan representasi visual yang sesuai dengan isi teks yang terkait. Ilustrasi mungkin dimaksudkan untuk menjelaskan konsep-konsep rumit atau benda-benda yang sulit untuk menggambarkan secara tekstual.

Ilustrasi telah digunakan dalam iklan, kartu ucapan, poster, buku, majalah dan surat kabar. Sebuah ilustrasi kartun dapat menambahkan humor untuk esai humor.

6. Graphic Designer
Seorang desainer grafis adalah seorang yang profesional dalam desain grafis dan seni grafis industri yang mengkombinasikan gambar, tipografi atau grafis gerak untuk membuat sebuah desain. Seorang desainer grafis menciptakan grafis terutama untuk diterbitkan, media cetak atau elektronik, seperti brosur (kadang-kadang) dan iklan. Mereka juga kadang-kadang bertanggung jawab untuk typesetting, ilustrasi, user interface, desain web, atau mengambil posisi mengajar. Tanggung jawab inti dari pekerjaan perancang adalah untuk menyajikan informasi dengan cara yang baik diakses dan mudah diingat.

7. Photographer

Fotografer atau juru foto (Bahasa Inggris: photographer) adalah orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya, dan umumnya memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya. Banyak fotografer yang menggunakan kamera dan alatnya sebagai pekerjaan untuk mencari penghasilan.

6 komentar:

Ayu Rahajeng mengatakan...

dari semua profesi diatas yang mana yang memiliki peluang kerja paling luas? dan benar benar dibutuhkan tenaga yang memiliki keterampilan di jurusan desain komunikasi visual?

ady septiawan mengatakan...

kalau jurusan DKV di SMK jangkauannya sama gk kaya yg dijelasin diatas?

Fadri Ansyah mengatakan...

Kalo masuk jurusan dkv bisa kerja di NET gk kak?

Fadri Ansyah mengatakan...

Kalo masuk jurusan dkv bisa kerja di NET gk kak?

musda lifah mengatakan...

yang paling menjamin yang mana?

Ayu Evi mengatakan...

masih kurang megerti

Posting Komentar